Sejarah

SEJARAH BALITBANGDA KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kabupaten Lampung Tengah terbentuk tanggal 4 November 2016 berdasarkan Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Lampung Tengah Nomor 9 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Lampung Tengah. Balitbangda merupakan pecahan dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Tengah, sehingga baik Sumber Daya Manusia, kelengkapan sarana dan prasarana maupun sumber daya keuangan merupakan hasil pecahan dari Bappeda.

Tugas Pokok dan Fungsi, kedudukan dan struktur organisasi Balitbangda telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Bupati (PERBUP) Lampung Tengah Nomor 34 Tahun 2016 tentang Kedudukan, susunan organisasi, tugas pokok dan fungsi dan tata kerja perangkat daerah kabupaten Lampung tengah.




Visi

Visi Kabupaten Lampung Tengah:

Visi adalah rumusan umum mengenai keadaan yang diinginkan pada akhir periode perencanaan pembangunan Daerah, dan Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan Visi.

Visi kabupaten Lampung Tengah, “Terwujudnya Lampung Tengah Sebagai Lumbung Pangan yang Aman, Maju, Sejahtera dan Berkeadilan.”




Misi

Misi Kabupaten Lampung Tengah:

  1. Meningkatkan keamanan, ketertiban serta kerukunan umat beragama dalam kehidupan sosial yang beragam, demokrasi dan berkeadilan dan keberagaman budaya.
  2. Membangun dan meningkatkan infrastruktur strategis berbasis pengembangan wilayah yang terpadu.
  3. Membangun ekonomi kerakyatan berbasis agribisnis dan ekonomi kreatif dengan melibatkan partisipasi industri.
  4. Meningkatkan  kualitas pendidikan dan kesehatan sesuai potensi dan kearifan lokal.
  5. Mengelola fungsi sumber daya alam dan lingkungan berbasis pertanian berkelanjutan.
  6. Menyelenggarakan tata kelola pemerintahan yang baik dan prorakyat.